Mau Tahu Rahasia Kelezatan Cokelat Belgia yang Memiliki Rasa Kelas Dunia? Ini Infonya...

Mau Tahu Rahasia Kelezatan Cokelat Belgia yang Memiliki Rasa Kelas Dunia? Ini Infonya...


TosViral - Semua orang pasti mengetahui dengan jenis cokelat yang satu ini. Apalagi bagi para pecinta cokelat pasti akan dijadikan sebagai campuran kue, ice cream maupun hidangan penutup lainnya.

Salah satu perajin cokelat dari Belgia Stephen Vandeparre, Senin (14/03/2016), membeberkan rahasia kelezatan cokelat Belgia saat kunjungannya dengan chef lain dalam acara Misi Ekonomi Belgia di Pulman Hotel.

Saat kunjungannya pada Misi Ekonomi Belgia ke Indonesia, Vandeparre menjelaskan bahwa, “Memasak cokelat harus dimulai dari bahan dasarnya, yaitu biji cokelat yang Anda pilih sendiri dari kulkas terbaik.”

Kelezatan Cokelat Belgia
Kelezatan Cokelat Belgia
Di dunia sendiri yang termasuk kedalam beberapa negara yang memiliki kualitas cokelat terbaik yaitu, Pantai Gading, Ghana, Kamerun, Nigeria dan Indonesia. Ya termasuk Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu produsen biji kakao terbaik bagi Belgia.

Menurut Vandeparre, pertama-tama biji cokelat tersebut diolah dengan digiling sampai berukuran mikro, namun tidak sampai berukuran tepung. Salah satu cokelat terbaik yaitu dark cokelat, cokelat yang manis bukan berarti yang terbaik, bahkan dengan kadar gula yang berlebihan berpengaruh pada kualitas cokelat yang dihasilkan.

Yang kemudian butiran mikro biji cokelat tersebut diaduk atau campurkan dengan beberapa bahan olahan. Mungkin campuran bahan tersebut seperti gula, lemak dan bahan-bahan rahasia lainnya.

Menurutnya yang menjadi salah satu yang menentukan yaitu butiran cokelat yang diaduk diatas api yang menyisakan tekstur kasar. Sementara Belgia itu sendiri tidak unggul dalam biji kakao ataupun cokelat. Tetapi Belgia memiliki keahlian dalam memasak cokelat terbaik di dunia.

Ia juga menambahkan, sebaiknya pengrajin cokelat harus mengenal lebih mengenai jenis cokelatnya dengan baik, hingga mampu mengolah cokelat-cokelatnya hingga tingkat dunia.




Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top